Sunday, March 19, 2017

Pengalaman Uji Kompetensi Tingkat Operator dari LSP Industri Tekstil


Pengalaman Uji Kompetensi Tingkat Operator dari LSP Industri Tekstil. Uji kompetensi adalah suatu cara untuk mengecek apakah kita sudah berkompetensi atau belum pada suatu bidang.  Orang yang berkompeten diberi kewenangan penuh terhadap pekerjaannya. Orang yang berkompeten di buktikan menggunakan sertifikat kompetensi yang berlaku selama 2 tahun. Dalam ujian ini terdiri dari 2 orang yang ikut serta. Asesor adalah orang yang bertanggung jawab menilai perserta ujian baik secara praktek maupun tertulis. Asesi adalah orang yang akan diuji. Sebelum menjalani uji kompetensi kita diminta mengisi form mandiri apakah kompetensi dari beberapa poin sudah kita kuasai. lalu kompetensi awal dibuktikan dengan surat pengalaman kerja dari perusahaan. 

Hari pertama adalah teori weaving yang diterangkan oleh bapak  Sajinu. Hari ke 2 sampai hari ke 5 bekerja seperti biasa di lapangan. Hari ke 6 ada acara penutupan oleh bapak Sunaryo dari LSP Industri Tekstil dan Ibu Elis Masyitoh dari Kementrian Perindustrian. Ibu Elis mengutarakan bahwa di kementrian perindustrian isu-isu mengenai tekstil sering dibahas oleh bapak Jokowi karena industri tekstil adalah industri berpotensi nomer tiga setelah kelapa sawit dan minyak bumi. Kementrian perindustrian memiliki program meningkatkan kompetensi karyawan dengan bimbingan teknis ini (bimtek), sehingga dapat bersaing di dengan tenaga operator dari luar negeri di Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Setelah ditutup mulai mengisi dokumen yang dibutuhkan dan tes tertulis. Tes tertulis terdiri dari 10 soal sedangkan ujian praktek dipantau langsung di lapangan. Pada saat saya ujikom tidak sangka diuji oleh pak dosen tenun. Alhamdulilah walaupun waktu mengatasi putus lusi terlalu lama akan tetapi masih bisa lolos. Terimakasih Pak Giarto.