Tuesday, October 1, 2013

Latihan Soal Serat Tekstil 1

Berikan jawaban saudara dengan singkat tapi jelas.
1.      Jelaskan susunan molekuler serat berdasarkan analoginya dengan struktur benang sebagaimana pernah dijelaskan dan didiskusikan di kelas.
2.      Bagaimanakah pengaruh panjang serat terhadap kekuatan dan sifat pegangan benang maupun kain yang dihasilkan?
3.      Berikan definisi “polimer” dan jelaskan empat penggolongan utama polimer berdasarkan sumber, bentuk, sifat termal, dan monomer dasarnya.
4.      Berikut di bawah ini adalah gambar skematik polimer termoplastik (kiri) dan termoseting (kanan). Berikan penjelasan mengenai perilaku termal kedua jenis polimer tersebut berdasarkan sifat ikatan silangnya.

5.      Gambar di bawah ini adalah struktur kimia selulosa, yaitu bahan kimia dasar serat tanaman seperti kapas yang pada umumnya memiliki karakteristik berdaya serap tinggi. Bagian manakah dari struktur tersebut yang bertanggung jawab terhadap sifat penyerapan serat alam tumbuhan?
6.      Berikut ini adalah tabel sifat-sifat fisik serat alam tumbuhan:
Berdasarkan data tersebut di atas, manakah serat yang memiliki kehalusan paling tinggi dan mana yang paling kasar (1 mm = 1/1000 mm)? Berikan penjelasan atas jawaban yang saudara berikan.
7.      Apakah perbedaan yang paling mencolok antara serat biji (kapas) dan serat batang? Ini ada kaitannya dengan proses retting yang sering dikerjakan untuk serat jute ataupun flax.
8.      Bagaimanakah pengaruh aliran air terhadap mutu serat jute yang dihasilkan pada retting dengan cara perendaman?
9.      Berikan penjelasan saudara mengenai water retting dan dew/ground retting, kelebihan dan kekurangan cara yang satu terhadap lainnya. Pada serat apakah dew/ground retting biasa dikerjakan?
10.  Berikut di bawah ini adalah kurva tegang-tekan (stress-strain curve) beberapa jenis serat alam. Manakah serat yang memiliki kekuatan yang paling tinggi pada grafik di bawah ini?

11.   Berikut ini adalah data mengenai ketahanan kusut kain yang terbuat dari serat alam dan sintetik yang diukur berdasarkan sudut kembali dari kekusutannya (CRA = crease recovery angle). Jelaskan pendapat saudara mengenai sifat ketahanan kusut kain yang terbuat dari serat flax pada kondisi standar (SC = standard condition).

12.  Apa yang dapat saudara ceritakan mengenai pencampuran serat dan sifat ketahanan gosok (abrasion resistance) serat berdasarkan data pada tabel di bawah ini:

13.  Dari data sifat fisik serat pada tabel Soal No. 6, serat batang manakah yang masih baik untuk dijadikan sebagai bahan pakaian? Berikan penjelasan atas jawaban saudara.
14.  Kehalusan serat wol yang tidak dimiliki serat lain adalah bentuknya yang keriting. Jelaskan pengaruh bentuk serat yang demikian terhadap sifat kain.

15.  Bagaimanakah kira-kira penjelasan saudara mengenai bentuk serat wol yang keriting dan sifat ketahanan kusutnya yang sangat baik?