Saturday, October 12, 2013

Prinsip Pembersihan pada Proses Blowing

Pada proses blowing dari bale opener sampai carding terus menerus ada proses pembersihan dengan pembuangan kotoran. sedangkan pada mesin drawing prosesnya sudah berbeda, serat- serat pendek dihisap ke blower. Nah untuk proses pembersihan dari bale opener sampai ke carding ada 3 prinsip yang menunjang keberhasilan pembuangan kotoran, yaitu:

1. Gravitasi
rumusnya v= m.g.h
Kotoran memiliki masa yang lebih besar dari pada serat kapas, sehingga lebih mudah jatuh ke bawah. Dengan memanfaatkan gravitasi bumi maka pembersihan kapas berjalan dengan baik.

2. Aliran udara
kapas memiliki masa jenis yang lebih kecil dari pada kapas sehingga ketika ada aliran udara maka kapas lebih mudah terdorong ke depan dari pada kotorannya.

3. Gaya sentrifugal
rumusnya F=mvkuadrat/r
saat kapas melewati rol- rol, taker in, silinder dan dofer maka akan terjadi rotasi dan kapas pun ikut berotasi. semakin besar masa benda maka gaya sentrifugalnya semakin tinggi. dalah hal ini masa yang lebih besar adalah kotoran kapas. sehingga kotoran memiliki gaya sentrifugal yang tinggi lalu keluar dari lintasan rotasi. kapas menjadi bersih.