Wednesday, October 31, 2012

Matakuliah Serat 1 (Kapas)

                                           Sumber: http://info.fabrics.net/fabric-facts/cotton/


          Selepas UTS pertama, Hari ini kami belajar mengenai kapas. kapas usianya sudah sekitar 3000 tahun, tapi di meksiko dan pakistan masih ada yang menyimpan serat kapas berumur 5000 tahun. Serat buatan pertama kali ada pada sekitar tahun 40an. seperti rayon, diikuti oleh poliester dan nilon. nah pada proses penyempurnaan tidak semua kapas mengalami pengelantangan. Hanya kapas yang akan diwarnai dengan warna cerah saja, sedangkan untuk pewarnaan dengan warna gelap tidak ada pengelantangan. 
        Supaya serat kuat maka harus di ikat / twist secara sejajar. Jika serat semakin rapat maka timbul kohesi dan semakin besar friksinya. intinya semakin tinggi twist, maka semakin kuat kekuatan benangnya. 
       Ikatan yang terjadi antar molekul bersifat masif atau dalam jumlah besar sehingga ikatannya kuat. Polimer itu bersifat dinamis. kalau dibayangkan seperti ular dalam jumlah besar dalam kandang. tetapi karena adanya ikatan antar gugus hidroksil maka gerakannya terhambat. sehingga diantara ikatan itu muncul ruang kosong, yang nanti fungsinya untuk diisi dengan air atau zat warna. pada saat itu juga ikatan hidrogen terputus. 
          Panjang suatu rantai polimer dapat dinyatakan dengan banyaknya unit- unit kimia yang berulang pada rantai, yang disebut derajat polimerisasi (dp). berat molekul suatu polimer adalah hasil kali derajat polimerisasi  dengan berat molekul dari unit yang berulang. 
           Pada akhir pelajaran, teman saya ada yang menanyakan mengenai baju kusut itu prosesnya gimana kok bisa rapih lagi? nah menurut pak dosen pa

Friday, October 26, 2012

Idul adha di STT Tekstil

       Hari ini Jumat 26 Oktober merupakan hari besar bagi seluruh umat muslim di dunia. Saya beserta teman- teman yang tidak mudik ke kampung halaman merencanakan untuk membuat sate bersama di kampus. Hewan qurban merupakan sumbangan dari alumni. Sejak Pagi ikhwan sudah ada di kampus untuk menyembelih hewan kurban, sedangkan akhwat baru datang jam 11. Kami mempersiapkan bahan dan bumbu untuk membuat sate. ertama memotong daging dulu lalu membaut bumbu dan memasak capcay untuk pelengkap makan. Kami membuat sate di lantai dua. Nah lanjut ke pembuatan sate. Saat menyalakan tungku arang kami cukup butuh waktu yang lama, akhirnya dibantu oleh ikhwan. Oh ya tadinya saya divisi menanak nasi bersama teh cindy, lalu sambil menunggu nasi matang, saya pergi ke atas membantu membuat sate. 
Ini lah keseruan proses membuat sate dari pagi sampai petang, check this out

Menanak Nasi sebanyak 4x, berhubung keterbatasan ukuran rice cooker



Mempersiapkan bumbu sate



Sate selesai ditusuk, saatnya dimasaaak



Oh tapi menyalakan tungku ini lumayan susah, korek api nyaris habis, untung nya kang opi ada serep



Setelah dibantu ikhwan, tungku pun menyala, siap- siap dibakar..



Action dulu yaa



Dek Bayu Hardiansyah salah satu murid asuh Libasuttaqwa ikut meramaikan acara "nyate bareng ini" Jasanya sungguh besar, ke warung? Dia, Ngambil barang? Dia, sampe yang Ngusir kucing pun Dia. hehe

Dek Bayu menggunakan pendekatan intensif dengan metode umpan sate, lucunya ketika dia berhasil menggiring kucing turn ke bawah, beberapa saat kemudian di bawah berkumpul keluarga bahagia si kucing. tentunya bersama anak kucing yang masih kecil. akhirnya kedua induk itu naik ke atas lagi memburu sate yang sudah matang.


Nah ini surprise buat teh uswah yang hari ini ulang tahun, ^^ semoga makin cantik outer dan inner nya 
Lilinnya ada 6, kira- kira umur teh uswah berapa ya? sulit ditebak haha


Wajah bahagia terpancar dari kami dan teh uswah, sweet banget deh



Prosesi pencabutan lilin 



Unyu, sayang sekali kalau dipotong
setelah itu kami melanjutkan acara masak memasak


Pelengkap makanan sudah selesai, tinggal subyek dan predikatnya yang belum



Acar yang tidak sengaja kebanyakan cuka



Agar- agar merah untuk penutup



Sate selesai dibakar, sekarang waktunya makaan



Kami makan bersama di kertas minyak, feelnya dapet banget deh



Pembagian lauk dan sate


Selesai Makan, sate masih ada, lanjuttt. apakah ada yang merasa terlalu pedas?


Thursday, October 25, 2012

Pengantar Manufaktur I Pertemuan ke 3

            Hari Selasa, 23 Oktober 2012 kemarin grup kami jalan- jalan ke lab Pertenunan. Belajar bersama pak Syarif. Kami dikenalkan jenis benang pakan dan lusi, Mesin- mesin tenun dan garis besar proses pertenunan. Mahasiswa begitu antusias nih kalo diajak jalan- jalan, melihat mesinnya langsung dan dapat penjelasan dari pak dosen. konsep dasar pertenunan sebagai berikut: 


Wednesday, October 24, 2012

Mabim Blowing Himatteks 2012 STT Tekstil

        

       Mahasiswa Jurusan TT, TBG dan FD yang mengikuti mabim blowing (13 Oktober 2012)berjumlah sekitar 48 orang, acara Dimulai jam 09.00 dibuka oleh forum resmi yang berisi sambutan dari ketua pelaksana dari himatteks, ketua pelaksana dari himakit, juga ketua umum himateks dan himakit. selanjutnya sambutan dari   perwakilan dari Perti, bapak Ruswandi, dilanjutkan oleh sambutan Ketua jurusan Barang Jadi tekstil, Ibu Tina Martina, AT, M.Si.
          Hari  pertama kami belajar materi tentang kepemimpinan hari kedua kami belajar struktur himmateks dan sejarahnya. Hari ke tiga kami belajar mengenai kewirausaahaan, teknologi tekstil, stratak dalam berorganisasi. hari keempat kami belajar mengenai outsourcing, masalah sosial dan teknik sidang. Momen paling seru adalah praktek sidang. disana kami belajar bagaiman melaksanakan sidang dipimpin oleh presidium 1 yang dibantu presidium 2 dan 3. secara garis besar ini lah yang kami praktekan.









 1. Pengertian
     Teknik sidang adalah cara pemecahan suatu masalah
 2. Macam
     1.) Pleno
     2.) Komisi
     3.) Sub komisi
 3. Tujuan sidang
     1.) Menyelesaikan masalah
     2.) pengambilan keputusan bersama
     3.) Perencanaan suatu kegiatan
     4.) Memilih dan melantik pemimpin
     5.) Menginformasikan suatu hal
4. Fungsi sidang
    1.) Tercipta suatu keputusan
    2.) Melatih kecakapan beretorika, berfikir dan logika
    3.) Memunculkan ide baru
5. Tingkatan pengambilan keputusan dalam sudang
    1.) musyawarah
    2.) Lobby
    3.) votting
6. Perangkat Sidang
    1.) Pimpinan sidang
         Presidium 1: memimpin sidang
         Presidium 2: Notulen
         Presidium 3: Mengatur lalu lintas aspirasi
         point of provilage, clarification, information, order
   2.) Palu sidang
        1x: menunjukan kesepakatan
        2x: menunjukan penundaan (lobby/ istirahat)
        3x: menetapkan keputusan



     

Sunday, October 21, 2012

SAHARA pertemuan ke dua

        Jumat 19 oktober 2012 sahara mengambil tema "beauty with hijab" pemateri adalah Amalia Noor pemilik salon muslimah. kami belajar cara merawat kulit dari pemakaian sun block, pelembab, foundation dll. setelah itu kami mengadakan tutorial menggunakan hijab. Modelnya adalah angkatan 2012 bernama Gina. Acara berlangsung dengan lancar. Setelah tutorial selesai ada lomba menggunakan hijab, masing- masing tim 2 orang. hijab stylist dan modelnya. perlombaan berlangsung seru, semua peserta terlihat anggun mengenakan hijab. bebrapa foto yang sempat diabadikan dalam kamera hp:






Tuesday, October 16, 2012

Pengantar Manufaktur I pertemuan ke dua

         Selamat malam para pembaca setia yang budiman, hari ini kita akan belajar manufaktur bersama. Setelah kemarin mengelilingi lab maka hari ini mata kuliah diadakan di kelas. Dosen: Pak Syarif Iskandar. di kelas kami menonton video tentang proses kapas menjadi benang. Dari ginnning sampai ke mesin winding. terlihat raut wajah penasaran, sehingga banyak pertanyaan yang muncul. nah secara garis besar pelajaran saat mengelilingi lab minggu lalu dan tadi siang dalah sebagai berikut:



Friday, October 12, 2012

UKM Viskosa STT Tekstil

        Hari ini saya bersama maba yang lain menghadiri Pertemuan Viskosa. saya baru pertama kali mengikuti UKM ini. Motivasi  saya masuk UKM ini ingin memperbaiki kesalahan- kesalahan dalam menulis. 8 kali gagal dalam perlombaan dengan metode yang berbeda beda rasanya cukup sedih juga. UKM ini bergerak dalam bidang jurnalis yang akan membantu mahasiswa mempelajari teknik menulis. Yang saya pegang saat ini keyakinan bahwa ukm ini merupakan penunjang untuk cita- cita saya di bidang tekstil, 

       Jadwalnya senin selasa dan rabu mencara sumber dan menulis artikel, kamis ada dinamika redaksi, jumat ada kumpulan wajib jam 4, sedangkan sabtu dan minggu mencetak buletin. Rasanya cukup padat tetapi ketika saya melihat teman- teman yang begitu bersemangat, tidak ada alasan untuk mundur. semoga ini adalah pilihan yang terbaik. Mohon kerja samanya ya teman- teman Viskosa :)

Launching Sahara (Saresehan Ahwat Sararea) STT Tekstil

         Pada Jumat 12 Oktober 2012 KMI Libasutaqwa mengadakan launching SAHARA di ruang kelas 303. Ini adalah bagian dari program kerja KMI departemen kemuslimahan. Materi tadi siang disampaikan oleh Fitrie Khairunnisa Hayasa, beliau adalah Mahasiswi jurusan Kimia ITB, Peserts terbaik DMS (Kajian wanita shalihah), Ketua salimah (Persaudaraan muslimah), dan koordinator akhwat Gamais ITB. Temanya "Berbagi Tips meraih kebahagiaan di dunia dan surga di akhirat dengan Metamorfoself". Selain itu ada Perkenalan Maba juga, gamesnya adalah maju ke depan menyebutkan sebanyak banyak nya nama dari maba yang sudah perkenalan. Pemenangnya adalah Tika Khoirunisa dari jurusan Garmen.

        Sahara akan diadakan khusus untuk akhwat setiap hari jumat jam 11.00 sampai jam 13.00, waktu ini dipilih untuk menyeimbangkan ikhwan yang melaksanakan ibadah sholat jumat. Konten dari Sahara ini bermacam- macam ada fasilitas juga. Kegiatan ini akan di isi dengan kegiatan keputrian dengan konsep motivasi training. Nah rencananya kegiatan masak memasak sampai yang detail lainnya mengenai perempuan kita bahas disini. Fasilitasnya ada kursus ngaji dan  bahasa gratis juga sms tausiah dari KMI. So yang ada jadwal setelah Jumatan yuk gabung ke sahara.

Thursday, October 11, 2012

Yuk Belajar Penomoran Benang

Dosen: Pak H. Mohamad Widodo (semester 1)
Asisten Dosen: Pak Nandang Setiawan (semester 3)

       Ketika kita ingin tahu kehalusan dari sehelai benang kita tidak bisa mengukur diameternya karena penampang benang yang tidak menentu sehingga diameter nya pun tidak menentu. nah maka dari itu kehalusan benang ditentukan oleh nomor. sebenarnya nomor itu apa sih? nomor adalah perbandingan antara panjang dan beratnya. cara menentukan nomor ini ada dua. secara langsung dan tak langsung.