Wednesday, October 31, 2012

Matakuliah Serat 1 (Kapas)

                                           Sumber: http://info.fabrics.net/fabric-facts/cotton/


          Selepas UTS pertama, Hari ini kami belajar mengenai kapas. kapas usianya sudah sekitar 3000 tahun, tapi di meksiko dan pakistan masih ada yang menyimpan serat kapas berumur 5000 tahun. Serat buatan pertama kali ada pada sekitar tahun 40an. seperti rayon, diikuti oleh poliester dan nilon. nah pada proses penyempurnaan tidak semua kapas mengalami pengelantangan. Hanya kapas yang akan diwarnai dengan warna cerah saja, sedangkan untuk pewarnaan dengan warna gelap tidak ada pengelantangan. 
        Supaya serat kuat maka harus di ikat / twist secara sejajar. Jika serat semakin rapat maka timbul kohesi dan semakin besar friksinya. intinya semakin tinggi twist, maka semakin kuat kekuatan benangnya. 
       Ikatan yang terjadi antar molekul bersifat masif atau dalam jumlah besar sehingga ikatannya kuat. Polimer itu bersifat dinamis. kalau dibayangkan seperti ular dalam jumlah besar dalam kandang. tetapi karena adanya ikatan antar gugus hidroksil maka gerakannya terhambat. sehingga diantara ikatan itu muncul ruang kosong, yang nanti fungsinya untuk diisi dengan air atau zat warna. pada saat itu juga ikatan hidrogen terputus. 
          Panjang suatu rantai polimer dapat dinyatakan dengan banyaknya unit- unit kimia yang berulang pada rantai, yang disebut derajat polimerisasi (dp). berat molekul suatu polimer adalah hasil kali derajat polimerisasi  dengan berat molekul dari unit yang berulang. 
           Pada akhir pelajaran, teman saya ada yang menanyakan mengenai baju kusut itu prosesnya gimana kok bisa rapih lagi? nah menurut pak dosen pa