Friday, December 12, 2014

Kunjungan Industri Grup T3-T4 2012 Special Open End

     Grup 3T3 2012 berencana untuk mengadakan kunjungan industri ke PT Grandtex. Pertama- tama kami nyari nomor telpon di buku pabrik yang ada di jurusan. Dapet. Selanjutnya ketua kelas kita Eno Syatifah Riyadi udah nelpon ke sana tapi ternyata kami tidak diijinkan, karena sedang berlangsung audit internal dan eksternal. Kami memutar rencana untuk mencari tempat baru. Selama 2 minggu waktu kami terbuang sia-sia. Usaha kami tidak sampai disitu, Ibu Atin Sumihartati menyarankan kami ke PT Sandang Jaya Makmur. Nah buat yang kedua ini ketua kelas nyerahin semua ke aku, otomatis aku jadi humas buat kelas T3. Setelah adminnya ditelpon ternyata mereka welcome banget. Nomor telpon ini kan nomor kantor, jadi aku minta aja nomor hpnya supaya gampang smsan. Namanya ibu Putri. Kita smsan mulai dari hal- hal kecil sampai yang teknis. Kita ngurus surat lumayan lama karena pihak jurusan yang super sibuk bolak balik luar kota. Setelah semua selesai, langsung dikirim faks lewat mbak resepsionis di gd.C . Petunjuk ibu putri pabriknya deket wiska, jadi kalo mau naik angkot tinggal minta turun di wiska.

     Awalnya kita bingung mau naik apa, kita juga mempertimbangkan cost.
OPSI I    Naik Kereta
Sumber gambar: Dokumentasi pribadi

Kelebihan
1. Kebersamaannya daper banget
2. Tetep bareng- bareng #ngga mencar
3. Bisa menuhin satu gerbong kaya mau piknik
4. tanpa macet

kekurangan
1. Biaya naik kereta PP= 3000, naik angkot dari stasiun ke pabrik PP= 8000. total 11.000
2. kalo ada yang telat ke stasiun pasti ngga bisa ditungguin
3. harus dateng pagi- pagi
4. kalo hujan di tengah jalan repot, coz ga semua bawa payung
5. belum semuanya tau dimana stasiun KRD lokal

OPSI I    Naik Motor
Sumber gambar: http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/info-mudik/13/08/03/mqxoyc-pemudik-sepeda-motor-bawa-televisi-sampai-kompor

Kelebihan
1. Cepet nyampe karena bisa salip- salip
2. hemat ongkos, paling bensin seliter
3. bisa bonceng- boncengan
4. kalo hujan ya pake jas hujan''
5. bisa kulineran bareng habis dari pabrik

Kekurangan
1. Belum tau jalan macet atau ngga
2. Belum semuanya tau lokasi pabrik
3. Kurang kebersamaannya coz pada mencar, #kecuali yang satu jok motor 

Setelah di list yang ngga punya motor ada 8 orang, jadi cukup buat bonceng- boncengan. Pada akhirnya kami memilih untuk ngabring naik motor, karena pak dosen bawa mobil jadi beberapa orang ada yang ikut pak Roni. khususnya ladies- ladies :D

Sebelum hari keberangkatan terjadilah beberapa INSIDEN 
1. Pihak perusahaan minta diganti hari rabu ke pak gunawan (h-4). al hasil seluruh mata kuliah hari selasa di dispen semua. But the fact pak dosen minta pengganti yaitu keesokan harinya, alias hari kamis, sehingga hari kamis itu jadi hari terpadat pada bulan November 2014 #sejarah
2. T4 memutuskan untuk ikut pada H-1 sore, otomatis sebagai humas aku smsin tambahan orangnya ke admin pabrik
3. Pak Agus ngga jadi ikut, karena ada saudaranya yang meninggal, otomatis diganti pak roni dan pak galih pun tidak ada kabar, jadi ikut atau tidak.

Berikut ini adalah evaluasi dari kelebihan naik motor 
1. ternyata nomor 4 terbukti hujan, tapi hanya gerimis, tidak ada satupun yang mengeluarkan jas hujan
2. nomor 5 gampang buat kulineran habis dari pabrik, kenyataanya kulineran terjadi di depan pabrik, sebelum masuk kita makan gorengan  2003 (beli 2000 dapet 3) di depan pabrik sambil nunggu temen- temen yang belum nyampe. Eits ada juga kue satu toples dari Arina yang ikut ludes juga. sepertinya banyak yang belum sarapan, hehe
Kuliner yang kedua kami disuguhi makanan setelah berkeliling pabrik
Angkringan gorengan 2003
Nih orang- orang kelaparan, yg moto ngga kebagian tempat duduk

Titik penghabisan kueh

Angkringan gorengan 2003

\
Depan Pabrik Unyu, Pink biru


Evaluasi dari kekurangan naik motor
ada pula yang nyasar ke PT Superbetek atau yang kebablasan, tapi tidak banyak

KEGIATAN
Aldi, Tina, Rana, Wiwin, Putri lagi nungguin pak Roni

Liat Anggota geng motor Egi di belakang

Absen Dulu ahh..

Cowo2 T3-T4

Yuk berangkat

Beberapa Jam Kemudian

nyampeee

Mahasiswa STT Tekstil lagi disambut PT Sandang Jaya Makmur

Muter2 Keliling Pabrik Liat- liat mesin

Istirahat Dulu

Selamat makaan

REVIEW

Perusahaan Sandang Jaya Makmur menggunakan bahan baku 100% limbah yang dipasok dari beberapa perusahaan seperti Primissima, Sritex, Tifontex dan Yamatex. Perusahaan ini sudah berjalan selam 36 tahun. Alur proses pembuatan benang ini mulai dari blowing sistem scutcher, carding, drawing passage 1 dan 2, open end dan di re-winding. Nomor benang OE yang diproduksi adalah 7,10 dan 20. Total produksi per hari mencapai 10 ton atau 21 Bale benang, sehingga satu bulan dapat mencapai 700 bale benang.

Perusahaan ini tidah hanya mengolah limbah sebagai bahan bakunya akan tetapi juga memamnfaatkan limbah perusahaan lain seperti:
1.      Limbah kapas paling pendek dibersihkan untuk pembalut
2.      Kawat pengikat kapas dibuat kumparan dan hanger
3.      Kapas yang paling kotor dibuat media tanam jamur dan kompos


SPECIAL FOR PT SANDANG JAYA MAKMUR

Trimakasih kepada bapak Hidayat selaku pimpinan PT Sandang Jaya Makmur yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar di perusahaan bapak. kepada ibu putri terimakasih telah memfasilitasi kami dengan berbagai kemudahan untuk mencari informasi dan perizinan kunjungan. kepada bapak Sapri, pak wawan dkk tirmakasih juga, Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi kami sekarang dan seterusnya.


Bpk. Hidayat pimpinan PT Sandang Jaya Makmur
Produksi benang OE dari limbah