Thursday, August 25, 2016

Clothing untuk mesin Carding



Clothing untuk mesin Carding- Suatu hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan dalam carding adalah clothing yang dipakai untuk menutup permukaan-permukaan taker-in, cylinder, flat, dan doffer. Card clothing mirip dengan sikat dari kawat atau parut yang pada pokoknya terdiri dari suatu pondasi dan diatasnya ditanamkan kawat-kawat dengan ujung yang tajam dan dibengkokkan atau pita baja yang bergerigi seperti gergaji.
Karena kondisi serat yang dikerjakan masing-masing tahap berbeda, maka tujuan dari masing-masing tahap pengerjaan berbeda pula. Untuk dapat melakukan fungsinya dengan keperluan tersebut, card clothing yang digunakan pada masing-masing tahap juga berbeda pula konstruksinya.
Berdasarkan fungsi konstruksi dan bahan yang dipakainya card clothing dapat dibedakan menjadi dua jenis, maing-masing ialah :
1.    Flexible wire card clothing
2.    Metallic wire card clothing
 
A. Flexible Wire
Card clothing pada prinsipnya terdiri dari dua bagian pokok, masing-masing ialah pondasi dan kawat-kawat yang tajam. Untuk jenis ini, pondasi biasanya terdiri dari beberapa lapisan kain yang digabungkan menjadi satu dengan menggunakan semacam perekat dari karet sintetis. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pondasi yaitu :
1.      Pertama, tebal dari lapisan kain ini harus sedemikian, sehingga cukup kuat untuk menahan dan memegang kawat-kawat yang ditanamkan pada posisi yang diinginkan.
2.      Kedua, pondasi harus pula mempunyai cukup kekuatan, sehingga dapat menahan tarikan pada waktu pemasangannya, namun harus tidak mudah mulur atau kendor setelah dipasang dan dipakai.
3.      Ketiga, pondasi harus cukup elastis atau fleksibel sehingga dapat memungkinkan kawat-kawat yang ditanamkan kedalamnya bergerak seperti per pada waktu kena tekanan atau tarikan.
4.      Terakhir, harus tahan terhadap lembab, minyak, panas dan tidak lekas rusak pada penggunaannya.
Standar pondasi untuk mesin carding kapas, biasanya terdiri dari 3 lapisan kain, walaupun kadang-kadang dipakai 4 atau 5 lapisan. Untuk yang tiga lapisan biasanya terdiri dari : lapisan terbawah dari kain twill kapas, lapisan tengah dari kain dengan lusi linen dan pakan woll sedangkan lapisan atas biasanya dibuat dari karet atau kain kapas lagi. Apabila dinginkan lebih kuat lagi, dipakai 4 atau 5 lapisan kain. Untuk yang 4 lapisan, lapisan yang teratas biasanya terbuat dari karet atau kain kapas lagi, sedang yang 5 lapisan, seperti yang 3 lapisan ditambah satu lapisan karet dan lapisan yang teratas dari kain twill kapas lagi. 

B. Metallic wire
Metallic wire  yang dipakai untuk card clothing dibuat dari baja yang telah dikeraskan ujungnya, namun dibuat sedemikian, sehingga tidak mudah patah. Diameter kawat biasanya berkisar antara 0,0009 inchi (0,225 mm) sampai dengan 0,017 inchii (0,425 mm).
Metallic wire mula-mula dipotong sepanjang 7/8 inchi (22 mm) kemudian dibengkokkan sehingga membentuk seperti kawat staple. Kawat staple ini kemudian ditekan dan ditanamkan ke pondasinya yang sebelumnya telah diberi lubang-lubang sehingga ujung kawat-kawat keluar di permukaan atasnya. Kawat tersebut kemudian dibengkokkan kearah memanjang dari pondasinya sehingga membuat sudut tertentu.

No comments:

Post a Comment