Wednesday, August 31, 2016

Syarat Serat dapat Dipintal Menjadi Benang



Serat harus memiliki kriteria atau syarat tertentu agar dapat dipintal menjadi benang, antara lain :
1.    Serat harus cukup panjang
Serat yang panjang, mempunyai permukaan gesekan (friction) lebih luas, sehingga tidak mudah slip dan benangnya menjadi lebih kuat. Dengan demikian, tiap-tiap serat dengan panjang tertentu mempunyai daya pintal (spin ability) sampai batas nomor tertentu. Jadi, penggunaan serat kapas harus disesuaikan dengan daya pintalnya.
2.    Serat harus cukup halus
Kehalusan serat juga dapat mempengaruhi kekuatan benangnya. Jumlah serat-serat yang halus pada suatu penampang benang tertentu, jumlahnya relatif lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah serat-serat yang lebih kasar. Dengan demikian, makin halus seratnya maka permukaan gesekan juga makin besar, kemungkinan terjadinya slip berkurang sehingga benang makin kuat.
3.    Gesekan permukaan serat
Gesekan permukaan serat mempunyai pengaruh yang besar terhadap kekuatan benang. Serat yang halus biasanya mempunyai pilinan per satuan panjang yang lebih banyak dan relatif lebih panjang sehingga gesekan permukaan seratnya juga lebih baik. Makin bertambah baik gesekan permukaan, kemungkinan slip antara serat satu dengan yang lain berkurang sehingga benangnya relatif lebih kuat.
4.    Serat harus cukup kuat 
      Dua benang yang masing-masing terdiri dari serat-serat yang kehalusan sama tetapi kekuatan
     seratnya berbeda, maka benang yang terdiri dari serat-serat yang kuat akan mempunyai
     kekuatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan benang yang terdiri dari serat-serat yang
      kurang kuat