Saturday, February 23, 2013

Smart Shopping with Kain Kanvas

Saat liburan semester kemarin saya dan mama pergi ke pasar baru membeli celana santai untuk abi. Nah sewaktu di Lantai dasar kami ditawarkan celana dengan harga kisaran 80an. mama menawar setengah harga ternyata pedagang itu mengatakan bahwa celana itu berbahan kanvas jadi untuk harga penawaran itu belum bisa. Motifnya ada yang polos atau loreng- loreng seperti tentara dan ada juga yang polossma. pada umumnya kanvas itu media melukis para seniman atau sepatu gambar manual. tapi dibalik itu ternyata kanvas punya keunikan pada bahan dan proses pengerjaannya.

Kanvas ialah kain yang terkuat dari bahan kapas yang pernah dibuat orang. Kebanyakan kain kanvas dibuat dari benang gintir dengan arah gintiran s atau z. Anyaman Kain Kanvas adalah anyaman polos atau variasi anyaman panama dengan benang lusi yang dirangkap.

Macam- macam kain kanvas
1. Kanvas bernomer (number duck)
    Dalam perdagangan kain ini diberi nomer sesuai spesialisasinya. makin besar nomernya makin ringan    kainnya akan tetapi kekuatannya besar, sukar diserap air karena anyamannya rapat.
Aplikasi: tenda, velbed, kain lapis sepatu, kain penyaring minyak, kain layar, tutup truk, pipa2, kantong surat.
benang yang dipakai biasanya Ne 7 digintir rangkap 2 sampai 13
2. Kanvas Militer (army duck)
    Dipakai untuk keperluan militer, lusi dan pakannya dari benang gintir dengan anyaman polos, benang lebih halus, tetal kain lebih besar dan kain lebih ringan.
aplikasi: kain lapis sepatu, kain lapis kursi
3. Kanvas Rata (flat duck)
    Ditenun dari benang lusi tunggal yang dikanji dan dirangkap, sehingga permukaan tampak lebih rata.
aplikasi: kain lapis sepatu.

Nah nomer 1 dan 2 menggunakan benang gintir, tapi benang gintir itu apa?
Benang gintir itu tersiri dari dua atau lebih benang tunggal yang digintir sati sama lain. contohnya benang bordir, rajut, krep, lace, voile, dan merser. sebenanrnya tujuan membuat benang gintir itu untuk mendapatkan benang yang lebih kuat, rata, diameternya lebih besar dan punya sifat- sifat tertentu untuk membantu proses penyempurnaan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan benang hias.

Arah antihan (twist) pada benang gintir menentukan sifat nya juga, apabila arahnya berlawanan makan akan menghasilkan benang yang lembut sedangkan apabila searah maka akan menghasilkan benang yang keras.

Kemampuan untuk menganalisa bahan tekstil dapat digunakan saat berbelanja. Bukankah smart shopping sangat dibutuhkan untuk memperkirakan harga standar barang sesuai dengan kualitasnya? jadi kita tidak mudah tertipu, atau tergiur dengan polesan luarnya saja. Kita dapat memeperkirakan berapa lama calon barang yang akan kita beli akan bertahan. Kain kanvas adalah salah satu pengalaman kami. Lain kesempatan mungkin anda akan mengalami hal yang sama, baik itu berupa barang tekstil yang lain.

Barang dengan bahan yang berkualitas cenderung tahan lama, akan tetapi masih ada faktor perawatan barang yang dapat mengurangi jangka waktu pemakaian barang. Perhatikan label barang apabila ada atau menggunakan perawatan barang secara tradisional. Kadang cara trasidisional adalah cara yang paling tepat.