Friday, April 18, 2014

Mekanisme Mesin Drawing

 
 Mesin drawing adalah proses ketiga dari pembuatan benang garu. Input mesin drawing adalah sliver carding. Tujuan proses mesin carding salah satunya adalah mensejajarkan serat ke arah sumbu sliver, akan tetapi pada kenyataannya output yang dihasilkan memiliki tekukan- tekukan pada ujung- ujungnya, sehingga serat belum sejajar ke arah sumbu sliver. Hal ini diakibatkan proses pengelupasan dan penggarukan di mesin carding. 
        Serat- serat dalam sliver harus sejajar dengan sumbu sliver supaya mendapatkan mutu benang yang baik. Mutu benang mencakup hal- hal seperti ketidakrataan, hairinnes dan kekuatan. Dengan demikian Sliver carding perlu diproses dalam mesin drawing.
         Penyuapan beberapa sliver ke mesin drawing disebut perangkapan (doubling). Perangkapan ini berkisar antara 6- 8 sliver carding. Proses inti pada mesin drawing adalah sliver melalui beberapa pasangan rol penarik yang memiliki jarak tertentu (sesuai setting) satu sama lain. Kecepatan rol semakin ke depan, semakin cepat sehingga terjadi drafting. 
        Drafting adalah proses penghalusan atau pengecilan bahan dalam bentuk berat per satuan panjang. Serat akan mengalami tarikan- tarikan dan regangan sampai ke tingkat tertentu. akibatnya serat serat yang memiliki tekukan- tekukan (hook) akan diluruskan karena mendapat gesekan dari serat- serat di sekelilingnya.

Peregangan pada front, middle dan back roll

Puli yang ngegerakin penyuapan

Beban buat nahan sliver carding di kisi- kisi penyuapan



NGEGAMBAR GEARING DIAGRAM, LIAT2 DULU GEARNYA











kiri sliver carding, kanan sliver drawing

Anak T3 lagi gantian ngejelasin antar kelompok

nih pas masuk penyuapan, harus manual dulu loh
ada stop motionya, kalo putus otomatis mesin berhenti


Belajar buat ngangkat rol penekan secara manual, sesuatu sekali
BERAT... nglepas kuncinya harus pake tangan satu, padahal ada di dua sisi
pas dicontohin dosen, ternyata ada cara yang lebih simple, cume bunyi trekkkk, tinggal angkat deh.

MIE Sliver carding yang mau di proses ke drawing