Friday, January 16, 2015

Laporan Dobby Cam (Pertenunan II)

 Mekanisme Dobby Cam


  I.       Maksud dan tujuan
1.  Mahasiswa dapat mengetahui bagian-bagian dari dobby cam beserta fungsi / kegunaannya masing-masing
2.  Mahasiswa dapat menjelaskan mekanisme dobby cam

 II.           Teori dasar
Dobby cam adalah peralatan pembuka mulut lusi menggunakan cam. Sumber gerakannya adalah poros utama yang bersumber pada putaran motor dengan peralatan penghubungnya yaitu roda gigi dan rantai. Kemudian diteruskan melalui gerakan cam sebagai pengganti dari lengan T
Keuntungan menggunakan cam adalah
a.       Terdapat dua buah cam untuk menggerakkan satu pisau yang membuat gerakan pisau menjadi teratur, sehingga benang lusi tidak banyak mengalami tegangan, karena pada cam terdapat bagian dimana ketinggiannya sama (jari- jarinya sama) sehingga tidak terjadi perubahan ketinggian. Akibatnya akan terbentuk mulut lusi yang baik pada saat peluncuran teropong. Periode berhentinya gerakan gun pada posisi mulut lusi maksimum dapat diubah- ubah dengan jalan mengubah cam.
b.       Peralatan pemutar silinder sudah tidak menggunakan pal dan rachet, tetapi sudah menggunakan roda gigi cacing sehingga tidak gaduh dan dapat berputar lebih cepat.Kedudukan dobby dapat dilepas dari mesin dan dapat diputar ke depan dan ke belakang dengan tangan sehingga pencarian pakan bebas dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa memutar kembali mesin tenunnya.
c.       Akibat keteraturan gerakan- gerakan yang terjadi maka kain tenun yang dihasilkan relatif lebih rata.
Kerugian Dobby cam
Perawatannya agak mahal karena ada peralatan tambahan seperti rantai dan roda gigi.

 Dobby cam atau eksentrik, yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari mekanisme pengangkatan gun dengan menggunakan dobby lengan T, dibuat oleh pabrik Staubli pada tahun 1922. Dobby cam ini mempergunakan kartu dari bahan plastik yang tipis dan berlubang-lubang sesuai dengan bentuk anyaman. Sumber gerakan silinder-silinder kartu secara sangat sederhana berasal dari poros dobby dengan perantaraan roda gigi conis dan cacing. Pada dobby cam terdapat cam sebagai penggerak pisau menggantikan lengan T pada dobby terdahulu. Dengan pemakaian cam ini maka segala kesulitan yang dialami oleh gerakan-gerakan gun dari peralatan dobby lengan T dapat dihilangkan. Dengan demikian, pada saat peluncuran teropong, dapat diperoleh mulut lusi yang baik karena lonjakan-lonjakan dari gun-gun dapat dihindari dan gerakan engkol dengan stang penggerak dapat dihapus. Cam atau eksentrik yang terdapat pada mesin, gerakannya berasal dari poros utama (poros engkol) dengan perantaraan rantai atau dengan poros vertikal dan roda gigi cacing, dimana tiap gerakan bolak-balik dari pisau untuk satu benang pakan.
Kerusakan pada benang lusi pinggir dapat terjadi jika tertabrak teropong yang disebabkan karena saat penutupan mulut lusi terlalu cepat, maka untuk menghindari itu pembentukan mulut yang sangat tinggi pada dobby dengan penggerak engkol tidak dapat diabaikan. Sedang pada dobby eksentrik benang-benang lusi berhenti pada saat kedudukan yang terakhir (mulut terbuka untuk peluncuran teropong). Dengan menggunakan peralatan dobby cam masalah seperti itu dapat dihilangkan. Pada dobby cam dipergunakan 2 buah eksentrik dengan kedudukan 180 derajat satu terhadap yang lainya dan pisaunya digerakan oleh stang pengangkat. Gerakan eksentrik dapat dibuat beraturan, maka dengan demikian gerakan daripada pisau-pisau dan gun-gun dapat diatur, sehingga benang-benang lusi tidak banyak menderita. Pada dobby eksentrik gerakan dari gun adalah sebagai berikut :
Gun-gun yang ada diatas atau dibawah, pergantianya cepat dan untuk beberapa saat lama berhenti pada mulut terbuka dan berganti lagi dengan cepat. Pembukaan mulut yang cepat mengakibatkan bahwa pada waktu mulut dimana teropong diluncurkan, bentuk mulut sudah terbuka sempurna dan tinggi mulut tidak perlu lebih tinggi daripada tingginya teropong.
  
Adapun beberapa keunggulan dobby cam dibandingkan dobby lengan T adalah :
a.       Dobby cam dapat membentuk mulut lusi yang lebih baik pada saat peluncuran teropong.
b.      Gerakan engkol dengan stang penggerak (stang T) dapat dihilangkan.
c.       Pergerakan pisau dan gun dapat diatur oleh cam, sehingga benang lusi tidak banyak menderita, misalnya : pada saat peluncuran teropong, pembukaan mulut lusi dipercepat dan penutupannya diperlambat, agar supaya mulutnya terbuka cukup lebar sehingga teropongnya tidak akan merusak benang lusi di pinggir.
d.      Lonjakan-lonjakan dari gun-gun dapat dihilangkan.

III.         Alat dan bahan
1.  Dobby Murata Staubli
2.  Kunci Ellen

IV.         Langkah kerja
1.  Mengamati dan mempelajari mekanisme gerakan dari masing-masing bagian  dobby cam
2.  Menggambar bagian-bagian dobby cam

 V.           Tugas praktek
1.      Mempelajari dobby cam
2.      Skema mekanisme pengangkatan gun pada dobby cam
  
Dobby cam
Sumber gerakan dari peralatan dobby cam ini adalah berasal dari putaran poros utama, lalu ditransmisikan melalui roda gigi dan rantai ke poros yang berada pada dobby. Selanjutnya poros itu akan memutar roda gigi payung besar P dimana selanjutnya roda gigi payung besar menempel pada roda gigi payung kecil Q dan R. Masing- masing memutar silinder kartu. Sedangkan P sendiri seporos dengan cam C
Pada bagian jarum yang mengenai lubang maka platina depan akan turun dan platina belakang akan naik, sehingga akan menurunkan hook. Hook akan terdapat pada jangkauan pisau sehingga hook akan tertarik oleh pisau tersebut. Kemudian bagian jack lever yang terhubung dengan hook tadi akan tertarik juga. Pada akhirnya akan menaikkan gun yang dihubungkan dengan jack lever.
3.      Membuat rencana tenun dan melubangi kartu
Rencana tenun:


Melubangi Kartu





VI.         Diskusi
Pada praktikum tanggal 3 november kami kelompok satu mengikuti praktikum dobby cam, akan tetapi mekanisme ini sudah dipelajari di pertemuan terdahulu. Sehingga kami hanya melubangi kartu saja. Sistem pengangkatan hook pada dobby cam adalah dengan menggunakan system pendorong jarum horizontal. Untuk melepas jarum pengangkat hook dari tumpuan blok cam sehingga jarum horizontal tersebut didorong oleh pisau pembantu. Dobby cam ini mempergunakan kartu dari bahan plastik yang tipis dan berlubang-lubang sesuai dengan bentuk anyaman. Dengan menggunakan kartu dobby plastik kita dapat lebih menghemat kartu, dengan kata lain kartu yang digunakan tidak terlalu panjang bila dibandingkan jika kita menggunakan kartu kayu.

Untuk kartu yang berlubang, hook akan jatuh dan terkait oleh pisau yang akan menggerakan gun naik atau turun, sedangkan bila kartu tidak berlubang menyebabkan hook tidak terkait oleh pisau sehingga gun diam. Pada proses pelubangan kartu sesuai dengan rencana tenun oleh mesin lubang, harus seteliti mungkin, karena selain akan berpengaruh pada anyaman yang dihasilkan juga karena harga dari kartu plastik cukup mahal.


Dengan menggunakan dobby cam akan lebih mudah untuk mencari benang pakan karena untuk mencari benang pakan awal dapat dilakukan dengan melepas hubungan antara dobby dengan mesin (tanpa memutar mesin kembali). Hal ini dapat dilakukan karena pada mesin ini biasanya peralatan dobby dilengkapi dengan motor tersendiri, yang terpisah dari motor utama, yang berfungsi untuk menggerakkan gun tanpa memutar mesin utama.
VII.        Kesimpulan
Berdasarkan hasil praktikum pembuatan lubang kartu pada dasrnya cukup mudah. Prinsipnya adalah baris satu dan dua adalah pakan pertama dan kedua yaitu bernomor ganjil dan genap sedangkan baris tiga dan empat adalah pakan ketiga dan keempat yaitu bernomor ganjil dan genap pula.  Sumber gerakan cam atau eksentrik ini berasal dari poros utama dengan perantaraan rantai atau dengan poros vertikal dan roda-roda gigi payung, dimana tiap gerakan bolak-balik dari pisau untuk satu benang pakan.
Perbedaan antara dobby lengan T dengan dobby cam adalah :
Dobby Lengan T
Dobby Cam
Gerakan berasal dari poros pukulan – stang tegak – stang T - pisau
Gerakan berasal dari poros utama – perantaraan Rantai/poros vertikal/roda-roda gigi payung.
dfyihkajhjh
Jenis kartu : kayu
Jenis kartu : plastik
Pengangkatan gun terakhir harus lebih tinggi untuk memberikan waktu peluncuran teropong.

Pengangkatan gun tidak terlalu tinggi (sesuai dengan tinggi teropong) karena posisi gun diam sesaat ketika peluncuran teropong.

Kecepatan gerakan dari pisau dan gun tidak dapat diubah-ubah

Kecepatan gerakan pisau dan gun dapat diubah dengan mengubah bentuk eksentrik, dan lonjakan-lonjakan pada gun dapat dihilangkan.

Keunggulan dobby cam dari dobby sebelumnya adalah :
1.    Mulut lusi yang terbentuk cukup baik pada saat peluncuran teropong.
2.    Gerakan engkol dengan stang penggerak (stang T) dapat dihilangkan.
3.    Lonjakan-lonjakan dari gun-gun dapat dihilangkan.
4.    Pergerakan pisau dan gun dapat diatur oleh cam. 

 Daftar Pustaka
Liek Soeparli, S.Teks, dkk.1973.Teknologi Pertenunan.Institut Teknologi Tekstil: Bandung