Tuesday, December 11, 2012

Manufaktur Pertemuan ke 8

 
Suasana sebelum UAS Praktikum Fisika Dasar
(kami baca "himla sasin" alias himpunan laporan hasil foto kopi sana sini)

Setelah UAS Fisika dasar matakulia selanjutnya adalah bahasa inggris, materinya relative pronoun. setelah jam 1 siang kami belajar manufaktur. Hari ini kami jalan- jalan ke lab evaluasi fisika tekstil. Kata- kata eval sekilas mengingatkan kita dengan mabim, tapi yang ini lebih dasyat lagi karena disini peninjauan dilakukan sampai ke detail- detailnya. kami diperkenalkan beberapa alat disana, mungkin bagi program D3 sudah lebih maju satu langkah dibandingkan kami D4. sehingga sudah pernah praktek di lab ini. sebelum belajar kita diberitahu bahwa tujuan belajar Evaluasi adalah untuk menentukan mutu atau membuat evaluasi terhadap mutu- mutu bahan tekstil. 
     Beberapa mesin yang diperkenalkan adalah mikroner, klasi fiber, stelometer, bair sorter, comb sorter, IPT, asanometer, lea tester, reeling, yarn inspector, Cringkel taster, evennest tester dan bursting tester. Secara umum ada evaluasi kapas, benang, dan kain. 
       Ilmu yang kita butuhkan untuk belajar di lab ini adalah bahan- bahan tekstil, pengujian bahan- bahan tekstil, standarisasi, pengolah data, statistik, ilmu teknik, dan ilmu kimia.



 Seharusnya hari ini di kelas membahas garmen, tapi ternyata kita ke lab eval

 Evaluasi benang