Sunday, December 2, 2012

Mentoring Gabungan dengan Tema Ghazwul fikri

Pemateri kemarin adalah Muamar Haki alumni STT Tekstil dan pernah kuliah di UIN juga. pengalaman organisasi adalah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia. Secara bahasa Ghazwul Fikir diartikan sebagai perang pemikiran atau perang pemikiran. Berawal dari Raja Luis IX yang pernah tertawan pada waktu perang salib mengintai kegiatan tentara muslim. beliau heran mengapa pasukan muslim walaupun sedikit selalu menang. ternyata pada malam hari mereka pergunakan dengan ibadah, tentara muslim bagaikan tak berdaya di malam hari karena merasa rendah di hadapan Allah. sedangkan pagi harinya mereka bagaikan singa yang siap untuk bertarung melawan musuh. 

dari situ Raja Luis IX berasumsi bahwa pasukan muslim memang sulit ditaklukan karena mereka dekat dengan tuhannya. sekeras apapun pertarungan fisik, bukan jalan yang mudah untuk menaklukan pasukan muslim. maka ia merencanakan cara untuk membuat pasukan muslim jauh dari tuhan dengan perang pemikiran yang akan mencampur adukan antara yang haq dan yang batil. 

Caranya adalah lewat 3F, Food, fashion dan fun. kadang- kadang efeknya sama sekali tidak terasa karena sudah menjadi bagian dari kehidupan yang membudaya. adapun cara untuk merusak iman muslim adalah 5S, song, sex, sport, shopping dan sains. 

Para pendakwah islam pun tidak luput dari pengaruh tersebut. Berbuat lebih dari tanggung jawab yang diemban adalah sikap out of box yang tepat untuk membentengi diri.