Thursday, November 8, 2012

Amal Jama'i plus Praktek di Organisasi KMI Libasuttaqwa STT Tekstil

     3 November kemarin, tepatnya sebelum berangkat mabim kami diundang untuk mengikuti kajian dengan tema "urgensi amal jama'i" yang disampaikan oleh pak Ahmad Toharudin alumni STT Tekstil tahun 1993. Beliau membagi amal jamai menjadi 6 bahasan. 
1. Prasyarat
2. Definisi
3. Mekanisme
4. Syarat
5. Alasan
6. Tujuan

1. Prasyarat melakukan amal jamai itu memnag berat, yaitu harus mampu mengelola diri sendiri dengan rapi, teratur dan terkontrol serta mampu menyelesaikan masalah pribadi. Nah dari kompetensi MANDIRI yang kita punya maka kita dinyatakan telah siap untuk hidup berkelompok membawa nilai yang kita punya.
2. Definisi, secara umum amal jamai maksudnya melaksanakan amalan secara bersama- sama.
3. Syarat untuk melakukan amal jamai
     3.1 ada Tujuan
     3.2 ada Metodologi / manhaj
     3.3 ada Kiyadah/pemimpin
     3.4 ada Jundiayah/anggota
     3.5 ada Tandim/ Pengorganisasian/ struktur
4. Alasan mengapa amal jamai harus dilakukan
    4.1. Kebutuhan yang tidak bisa dihindari oleh manusia
    4.2. Fitrah seluruh alam
    4.3. Kewajiban Syar'i
5. Tujuan
     5.1. Distribusi amal
     5.2 Meringankan beban dakwah
     5.3 Menumbuhkan potensi

     Disamping itu beliau menenrangkan bahwa kita harus siap menjadi anggota dan kita harus siap ketika ditunjuk sebagai pemimpin. contohnya Khalid bin walid pemimpin pasukan perang pernah digantikan oleh umar bin khatab sehingga khalid menjadi tentara biasa. tetapi performanya tetap kuat untuk membela islam. 
     Perbedaan antara kelompok dan gerombolan terletak pada tujuan dan orientasinya. Jadi jangan meremehkan peran kita sekecil apapun di dalam organisasi dan jangan menganggap remeh staf dibawah kita sekecil apapun perannya, karena apabila satu anggota saja pergi dari organisasi maka organisasi akan rapuh dan rentan untuk gagal melaksanakan program kerja. analoginya kalau ban mobil mewah kelhilangan satu mur saja, lau tidak segera dipasang yang baru maka mur mur yang lain akan ikut lepas, sehingga ban terlepas, maka mobil mewah dengan 3 roda tidak akan mampu berjalan. 
         Di akhir acara kami banyak merenung apa yang telah disampaikan tadi merupakan motivasi untuk membangun organisasi apa yang akan kita bawa untuk menjadi tanggung jawab dikemudian hari. tiba- tiba kami diberikan tugas untuk membuat panitia even besar. nah ini langsung dipraktekan. terpilihlah panitia inti. Ketua: Irfan Handri
Sekertaris: Tika Khoirunisa
Bendahara: Bryan
Koordinator acara : Bilqisth dan Rizki
Koordinator Pubdekdok: Tanjung dan M Rizki
Koordinator Humas: Maulana dan Romiyana
Koordonator Logistik dan danus: Elis dan Anto
koordinator Konsumsi : Manda dan Erza

Rapat selanjutnya hari sabtu tanggal 10 November 2012, semoga kami dapat melaksanakan amanah ini. semangaat.