Monday, November 5, 2012

SEMINAR KARYA TULIS ILMIAH STT TEKSTIL 2012



            Tanggal 5 November 2012 organisasi Himatteks departemen Penelitian dan pengembangan teknik tekstil dan barang jadi tekstil mengadakan seminar yang diadakan di fashion outlet depan kampus STT Tekstil dengan pembicara bapak Gunawan, Ketua jurusan Teknik tekstil. Rasanya senang sekali bisa bertemu pak Gunawan yang dulu waktu jaman SMA hanya saya tonton hanya lewat youtube, sekarang bisa memperhatikan beliau presentasi tentang keunikan tekstil di kampus bersama keluarga baru saya, Himatteks. Sambutan diberikan oleh ketua DPTTG dan ketua umum himmateks.
Penelitian yang akan direncanakan adalah penelitian payung, dimana mahasiswa teknik tekstil, barang jadi tekstil dan fashion desain bergabung untuk menghasilkan sebuah produk inovasi baru yang out of box. Materi yang diberikan memang sangat menarik, tapi saya bingung mulai dari mana ya? Masalah listrik belum paham apalagi masalah mesinnya. Sehingga saya belum berani bertanya. Belum bisa tergambar di atap bagaimana penelitian akan berlangsung. Beliau bercerita juga mengenai penelitiannya saat S2 di jerman, secara garis besar mengenai memperbaiki sistem perhitungan tekstil dalam 3 dimensi. Beliau juga memperlihatkan garis besar penelitian tentang rajutan bersama beberapa dosen dan satu mahasiswi bernama Fitri.
Uniknya sewaktu teman saya menanyakan keberadaan penelitian frame kacamata dari tekstil, ternyata sudah diaplikasikan dan dipakai oleh pak Gunawan saat itu juga. Kacamata itu terasa lebih ringan dan enak dipakai. Muncul juga gagasan membuat alat peredam suara untuk alat music dari bahan cavelar. Tapi sayang sekali harganya mahal.
Seminar kecil ini memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mengembangkan tekstil. Menurut pengalaman saya, membuat karya ilmiah itu harus memahami seluk beluk objek penelitian. Sehingga kami ingin belajar ilmu dasar apa saja yang dibutuhkan dalam penelitian. Saya merasakan manfaat meneliti itu begitu kompleks meluas ke bidang yang lain, sayapun pernah gagal, belum pernah berhasil. Semoga dengan tim yang solid kami menemukan ide yang mampu direalisasikan berupa produk. 

No comments:

Post a Comment